Puyuh dan Kefir

Faq – Kefir

Pertanyaan Seputar Kefir…

  1. Apakah Kefir itu?
    Kefir adalah minuman probiotik dibuat dengan baik biji Kefir atau bubuk starter kultur Kefir. Ada dua jenis biji-bijian : Biji-bijian  Kefir  dan air. Biji Kefir dapat dikembangkanfermentasikan dengan susu sapi, susu kambing atau santan kelapa. Air  biji Kefir dapat menggunakan air gula, jus atau air kelapa. Biji Kefir  terdiri dari bakteri dan ragi yang ada dalam hubungan simbiotik.  Biji-bijian mengandung kefir ada sebenarnya “biji-bijian” seperti gandum, dll butir kefir kita tumbuh dalam air disaring dan gula organik.
  2. Apa saja manfaat Kefir?
    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memasukkan bakteri gram positip (bakteri baik) dan mengusir bakteri gram negatif melalui sistem pencernaan manusia.  Pada kefir terdapat sejumlah bakteri yang mendorong terbentuknya enzim-enzim yang bermanfaat bagi tubuh.  Sejumlah pengalaman penderita, mengalami perbaikan setelah meminum kefir, antara lain penderita : Diabetes, Hepatitis, Maag, Chikunguya, bronkhitis, mencegah/mengobati HIV/Aids.
    Sumber :
    Benefit of Kefir.
    Regenarate Wellness.
  3. Apakah Kefir cocok bagi setiap orang?
    Secara umum, jawabnya “Ya”.  Kefir nyaris tidak mendapatkan penolakan dari sistem pencernaan tubuh kita.  Namun, pada keadaan tertentu dan khusus, bisa saja tidak sesuai bagi tubuh pengguna.  Jika Anda minum susu sapi, dan ternyata menimbulkan masalah dalam pencernaan, umumnya ini tidak terjadi pada kefir.
  4. Apakah Kefir dapat menyebabkan kegemukan?
    Secara umum, kandungan gizinya relatif sama dengan susu.  Karena kefir adalah probiotik fermentasi, maka kemudahan dicerna oleh sistem pencernaan tubuh akan jauh lebih cepat dan lebih baik.  Kandungan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh dan disekresikan oleh bakteri-bakteri baik juga jauh lebih cepat.  Karenanya, jika kefir diminum sebagaimana susu, potensi untuk menimbulkan kegemukan ada, meskipun tidak sebesar susu murni.  Komposisi lemak pada susu murni rata-rata 3,8% sedang kefir 3,1%. Bagi peminum kefir yang khawatir kegemukan pada masa pengobatan, disarankan meminum whey (kefir bening).  Kefir Bening atau juga dikenal sebagai Whey ini adalah varian dari Kefir yang dapat dipisahkan dari hasil fermentasi susu kefir.
  5. Saya ingin mengkomsumsi kefir, tapi saya alergi terhadap susu.  Apa yang harus saya lakukan?.
    Memang, tidak setiap orang dapat meminum susu.  Beberapa kasus tertentu susu menyebabkan diare.  Ada sejumlah peminum yang  jika meminum susu maka menimbulkan alergi, meskipun setelah minum susu kefir, tidak timbul alergi.  Namun, ada juga yang minum susu kefir pun tetap alergi terhadap susu.  Untuk kasus khusus ini, disarankan meminum kefir bening (Whey).
  6. Saya adalah penderita penyakit berat, seperti diabetes dan nyaris harus hidup dengan menyuntikan insulin?.  Apakah kefir dapat mengobati.
    Semoga. Susu terbaik (selain ASI) adalah susu yang berasal dari sapi yang baru melahirkan.  Di dalamnya terdapat sejumlah enzim yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dari pada susu murni biasa.  Kefir yang difermentasi dengan susu spesial ini memiliki potensi untuk mengobati yang jauh lebih baik dari susu kefir biasa.  Kefir khusus ini dikenal dengan nama Kolustrum.
  7. Apakah susu kefir dapat menurunkan konsentrasi kolesterol dalam darah?
    Tidak !. Riset/uji klinis mengenai manfaat susu kefir untuk menurunkan kolesterol darah sejauh ini tidak terbukti.  Dengan kata lain, manfaat kefir bukan untuk menurunkan kolesterol darah.  Penjelesan lengkap lihat : (http://www.biomedcentral.com/1472-6882/2/1/ )
  8. Under Construction…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: