Puyuh dan Kefir

MANFAAT TELUR PUYUH – MENGAPA TELUR PUYUH ITU POPULER?

Telur puyuh itu ternyata sarat dengan vitamin dan mineral, meski ukurannya yang kecil dan imut, tapi nilai gizinya bisa tiga sampai empat kali lebih besar dari telur ayam. Mari kita lihat perbandingannya :

Telur puyuh mengandung 13 persen protein, dan telur ayam negeri 11 persen.

Telur puyuh juga mengandung 140 persen kebutuhan vitamin B1, dan telur ayam hanya 50 persen.

Selain itu, telur puyuh menyediakan lima kali lebih banyak zat besi dan kalium dari pada telur ayam. Yang membuat telur puyuh menjadi istimewa dan beda adalah tidak menyebabkan alergi atau diatesis. Hal ini telah diuji cobakan kepada beberapa orang yang sering bisulan setelah makan telur ayam. Nah, ini rahasia alam terhadap burung salwa yang unik, makanyatelur puyuh menjadi pilihan santapan untuk manusia yang alergi terhadap telur ayam. Mengapa ? Sebenarnya kandungan nutrisi yang ada pada telur puyuh adalah karena adanya protein ovomucoid yang membantu melawan gejala alergi.

 

Mengonsumsi secara rutin telur puyuh akan membantu melawan banyak penyakit. Tapi jangan mentang-mentang kecil dan enak … jangan makan layaknya makan kacang goreng ya.. hehehe🙂

 

KHASIAT TELUR PUYUH

  • Telur puyuh ini adalah disebut sebagai pejuang alami (dan pejuang devisa untuk yang mengusahakannya….🙂 (y), pejuang alami ini mampu berperang terhadap gangguan saluran pencernaan seperti sakit maag.
  • Telur puyuh berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh,
  • Mampu meningkatkan kesehatan memori, 
  • Mampu meningkatkan aktivitas otak, dan menstabilkan sistem saraf. 
  • Menyembuhkan anemia dengan cara meningkatkan tingkat hemoglobin dalam tubuh saat mengeluarkan racun dan logam berat. 
  • RRC menggunakan telur puyuh untuk membantu mengobati TBC, asma, dan bahkan diabetes. 
  • Jadi jika Anda seorang kolektor batu (?) :  penderita ginjal yang ada batunya, batu yang terdapat di hati/lever, batu di kantung empedu, maka telur puyuh dapat membantu mencegah dan menghapus jenis batu-batu ini, tentu bukan batu akik yah…🙂

Saya telah membahas beberapa kutipan dan pernyataan dari Mbah Google,  teman paramedis, terapis, tapi tidak dengan dukun lho… dan menemukan artikel atau obrolan on-line atau dalam literatur tentang telur puyuh ini. Penasaran? Biasanya pernyataan yang dibuat tentang gizi telur puyuh diambil daripada nilai nominal atau bahkan dihubungkan dengan cerita rakyat. Sungguh, dan benar saya tidak pernah melihat secara spesifik tentang setiap vitamin dan mineral puyuh menawarkan telurya dan bagaimana bisa membantu tubuh manusia.

Jadi yang diuraikan paling sering terlihat adalah pernyataan manfaat telur puyuh, misalnya :

“Nilai gizi telur puyuh adalah tiga sampai empat kali lebih besar dari telur ayam”. Misalnya , telur puyuh mengandung 13 persen protein, dibandingkan dengan 11 persen pada telur ayam.

“Mengapa hal ini penting ? Karena protein yang dibutuhkan tubuh kita untuk membangun otot dan digunakan sebagai sumber energi jangka panjang.

“Karbohidrat, kalau dikonsumsi dan tidak digunakan oleh tubuh akhirnya menjadi lemak”.

“Protein yang terdapat dalam telur puyuh adalah berkualitas unggul karena mengandung nutrisi yang sangat tinggi.

 

FAKTA DAN KHASIAT TELUR PUYUH:

 

  • ” Telur puyuh mengandung 140 persen kebutuhan vitamin B1 dibandingkan dengan hanya 50 persen pada telur ayam”. Mengapa Vitamin B1 penting? B1 yang juga disebut Tiamin itu bertanggung jawab dalam biosintesis GABA (ini lupa saya tanyakan di forum, mungkin Anda bisa cari tahu yah.. hihihi .. sori.. =D ). Kekurangan tiamin dapat menyebabkan neuropatologi optik, sindrom Korzkoff (ini juga belum saya tanya ke si mbah), tapi kiranya orang tahu kalau saya menyebutnya sebagai sebuah kondisi yang disebut Beri-beri (yang melibatkan sistem saraf, sistem kardio vaskular dan sistem gastrointestinal), malaise, penurunan berat badan, lekas marah (nah lho.. :O ) dan kebingungan. Tiamin dianggap sangat penting dan dapat diperoleh dengan mudah yaitu dengan mengonsumsi telur puyuh.
  • ” Telur puyuh menyediakan lima kali lebih banyak zat besi dan kalium”. Mengapa Besi dan Kalium ( mineral ) penting untuk diet manusia ? Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Besi sangat penting dalam mengikat protein dan membawa oksigen dalam darah. Wanita pra – menopause dan anak-anak yang paling rentan terhadap defisiensi besi. Kekurangan zat besi dimulai melalui mekanisme peraturan utamanya : Besi, terletak di saluran pencernaan. Ketika besi tidak diserap di sana, hasilnya adalah kekurangan / anemia. Telur puyuh, menyediakan 5 kali Besi lebih ketimbang telur ayam, padahal sumbernya jauh lebih unggul dalam begitu kecil porsi… istilahnya “kecil-kecil juga cabe rawit booo..”. Bagaimana dengan Kalium? ketika sedikit kekurangan unsur ini pada manusia biasanya tidak menunjukkan gejala … Namun gejala akan timbul dari kurangnya asupan Kalium ketika mereka merasakan otot-ototnya melemah, biasanya kram otot dan atau sembelit. Pertanyaan saya ke mbah dulu mengapa terjadi kram otot? Ciri utama kita kehilangan Kalium adalah melalui kehilangan cairan yang berlebihan seperti berkeringat, poliuria ( kencing banyak karena obat atau diuretik seperti kafein ) dan dengan kehilangan cairan dari sakit ( muntah dan semacamnya ) . Hmmmm… kalium ini penting yah..🙂 Jadi telur kecil yang imut yang memberikan 5 kali lebih besar manfaat, lebih umum dikonsumsi counterpart (telur ayam), karena ada di Besi dan Kaliumnya yang benar-benar kuat sebagai makanan dan tidak berlebihan kalau masuk kategori makanan yang berkaitan dengan gizi dengan sebutan “Quail Egg Super Food”.
  • ” Fakta penting telur puyuh lainnya adalah bahwa telur puyuh belum terbukti menyebabkan alergi atau diatesis”. Telur puyuh benar-benar dapat membantu untuk melawan gejala alergi karena adanya kandungan protein ovomucoid. Fakta data gizi Quail Egg dari USDA (ini yang bertentangan dengan data gizi dari salah satu Rumah Sakit di Singapore, yang mengatakan bahwa telur puyuh berbahaya untuk dikonsumsi,..) hmmmm… haloooo..😦  Telur puyuh menerima food grade inflamasi ” -7 “. Artinya apa? Orang dengan kondisi autoimun atau inflamasi akan diuntungkan jika mengonsumsi telur puyuh. Indah kedengarannya yah?🙂
  • Jadilah baik dan aman. Ahli gizi dan dokter akan aman membimbing Anda. Telur harus selalu dimasak sampai tidak berair. Telur harus selalu didinginkan pada 41 derajat F, mengonsumsi telur harus matang.
  • ” Telur puyuh mengandung dua kali lebih banyak vitamin A dan B2 dari telur ayam”. Daftar fungsi tubuh yang memainkan peran dalam Vitamin A, adalah sbb : Visi, Gen Transkripsi, pengembangan embrio, dan reproduksi , metabolisme tulang , hematopoiesis ,Kulit dan kesehatan selular , aktivitas antioksidan .Vitamin B2 juga dikenal sebagai Riboflavin. Defisiensi riboflavin sendiri bisa dilihat dan dirasakan di tepi mulut ada retak (cheilitis angular ) , fotofobia ( kepekaan cahaya ) dan dermatitis ( < kulit kering )dan mata merah ( menyertai fotofobia itu). Kalau pada hewan, saya kan penyayang kucing… hehehe…. kurangnya Riboflavin dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat dan” gagal tumbuh ” . Kucing kontet dan ada saja difabelnya. Jadi saya pikir telur putuh ini masuk ke daftar pilihan sebagai makanan bernutrisi baik, dan niat saya adalah mensosialisasikan fakta kebenaran. Jangan karena orang-orang menderita jantung koroner lantas semua orang jadi tidak boleh mengonsumsi telur puyuh, tapi paradigma terhadap telur puyuh ini harus diubah, mengapa kita jadi sakit dan menderita tubuhnya? Jawaban sederhana karena tubuh kita tidak diberi asupan makanan sarat gizi dan nutrisi yang cukup memadai. Hmmmm… indah ya berbagi.. :) 
  • “Puyuh telur kaya fosfor dan kalsium daripada telur ayam”. Wanita dan anak-anak khususnya perlu ekstra kalsium dalam makanan sehari-harinya. Kalsium sangat penting untuk organisme hidup, khususnya dalam fisiologi sel (tulang), di mana gerakan ion kalsium Ca2 + masuk dan keluar dari fungsi sitoplasma sebagai sinyal untuk proses seluler. Sebagai bahan utama yang digunakan dalam mineralisasi tulang dan kerang , kalsium adalah logam yang paling melimpah dengan massa di banyak hewan berkalsium tinggi. Fosfor juga sangat penting bagi kelangsungan hidup. Sebagai fosfat , merupakan komponen DNA , RNA , ATP , dan juga fosfolipid yang membentuk semua membran sel . Menunjukkan hubungan antara fosfor dan kehidupan , unsur fosfor secara historis pertama kali diisolasi dari urin manusia , dan yang penting awalnya abu tulang merupakan sumber fosfat.

Telur puyuh telah digunakan selama ribuan tahun sebagai makanan untuk penyembuhan. Di negara China telur puyuh digunakan untuk membantu penyembuhan rhinitis , asma , demam dan kondisi kulit .Telur puyuh sering ditemukan dalam produk wajah dan rambut .

 

Telur puyuh memiliki kandungan kolesterol HDL yang tinggi ( ” lemak baik ” )dan mereka adalah makanan protein tinggi yang menyediakan tingkat yang lebih tinggi dari B kompleks dan merupakan makanan non inflamasi. 

 

Sekarang telur puyuh sedang disorot di TV Fox pada acara Memasak Koki Terkenal, dan talk show kesehatan. Sifat telur puyuh yang kaya nutrisi sebagai Whole Foods , Slow Food, dan Makanan Organik. Telur puyuh ada karena dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup dan selanjutnya, dan juga untuk puyuhnya sendiri untuk berkembang.

 

Apakah Telur puyuh memiliki kolesterol ? Ya, jenis kolestrol baik. Telur puyuh kaya kolesterol HDL.

 

Kolesterol HDL sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa membantu keseimbangan kolesterol jahat-LDL dalam darah . Jadi lemak yang ada pada telur puyuh memiliki jenis lemak yang baik. Tidak semua lemak buruk, paradigma ini harus diubah. Banyak orang memantang minyak goreng kelapa, atau makanan yang non kolestrol, tapi memilih minyak sawit yang anti kolestrol, padahal jelas ini tipuan. Tidak semua kolesterol buruk . Ingatkan diri Anda dengan mengasosiasikan HDL dengan “H” setara “Happy” . LDL dapat diingat dengan “L” setara ” buruk”. Manusia sebenarnya akan untung dengan menelan makanan yang kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi. Nah.. bagaimana?

 

Akhirnya … Quail Telur kaya rasa. Puyuh secara alami memakan serangga dan sebagian besar biji-bijian rumput atau kacang-kacangan di alam bebas, makanya kulit telur atau cangkang telur puyuh lebih protektif daripada telur ayam, manfaatnya menjaga membran agar kuat tepat di bawah cangkangnya yang keras. Membran ini membuat lebih sulit bagi bakteri untuk masuk secara alami. Puyuh pintar yang fantastis! Arti kata lain, telur yang indah, kita semua bisa menikmatinya dengan sejuta rasa dan menyehatkan!🙂

 

Saya mengajak Anda semua agar sadar kesehatan, sebagai keluarga moderen tidak ada alasan buruk lagi yang telah lama menzolimi telur puyuh ini. Keluarga dengan anak-anak yang tumbuh di era di mana kita bisa belajar dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya agar bisa mengetahui tentang makanan apa saja yang menyebabkan alergi, intollerance, dan efek berbahaya dari pertanian kita yang sudah tercemar secara luas bahwa kini berkembang pesatnya makanan yang berasal dari benih yang telah direkayasa dan dimodifikasi genetikanya. Ini sangat membahayakan kesehatan anak-anak kita untuk sekarang, dan masa yang akan dijalani ke depan.

 

Salam sehat selalu-Marinki🙂

Disadur dari :

https://www.facebook.com/notes/grosir-telur-puyuh-daging-dan-masakan-puyuh/telur-puyuh-quail-egg/234141456764667

This entry was published on January 1, 2014 at 11:35 am. It’s filed under Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “MANFAAT TELUR PUYUH – MENGAPA TELUR PUYUH ITU POPULER?

  1. kolesterol baik. catat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: