Puyuh dan Kefir

Kotoran Puyuh Kering dan Pakan Basah

Ketika belanja pakan ke PS (Toko Pakan) sering pemiliknya menjadi tempat bertanya bagi peternak. Wajar saja, mereka mendapatkan informasi dari banyak pelanggan dan dengan begitu menjadi nara sumber bagi pelanggan lainnya.  Beberapa pelanggannya menyampaikan ada yang memakai QL buatan Cargil, pindah dari PY3 Global, karena QL membuat kohe (kotoran hewan)nya menjadi relatif kering.   Ada pula yang mengatakan kalau pakannya kering, membuat puyuhnya banyak minum, jadi kohenya menjadi seperti lumpur lapindo, basah !.   Ada pula yang menyampaikan, kohenya encer atau pekat basah, karena pakannya basah.  Karena pakannya basah, maka kohenya juga cenderung encer.  Bahkan saking encernya bisa seperti air yang mengalir dari lantai kandang !.

Pusing juga !.  Yang satu menyatakan (tentu berdasarkan pengalaman) bahwa kalau pakannya kering, maka kohenya encer.  Yang lain sebaliknya, kalau pakannya basah, maka kohenya encer !.  Mana yang benar?.    Saya juga tak tahu mana yang benar.  Hanya seingat saya, kalau saya makan makanan pedas atau susu murni, maka buangan saya cenderung encer.  Kalau makan bubur yang encer, tapi tidak bersih, ya ndak apa-apa.  Normal saja be a be -nya.  Tapi tentu berbeda dengan unggas, manusia sih punya 2 katup buang, sedangkan unggas tidak.  Hanya satu.  Jadi, tentu kalau banyak minum, saluran buangnya bercampur dengan kohe.  Jadi, logika basah bisa diterima.

Namun, pengalaman selama ini, saya sering mencampur pakan pabrik dengan campuran sendiri (untuk menghemat).  Memang, puyuh yang mendapatkan murni pakan pabrik cenderung lebih kering.  Sedangkan yang dioplos cenderung lebih basah.  Namun, kalau sudah tingkat encer, biasanya lebih disebabkan karena puyuhnya sakit.  Kalau diberikan obat Teramizyn atau Therapy, maka kohenya relatif tidak encer lagi.  Begitu saran PS langganan saya.  Ketika dicoba, memang apa yang dikatakannya benar.  Sekarang kohenya sudah tidak encer lagi, meski relatif tidak kering.

This entry was published on October 22, 2013 at 9:08 am. It’s filed under Puyuh and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: