Puyuh dan Kefir

Urusan Pakan : Pak!, Apa sih Protein Kasar Itu?

Gubrak !. Pertanyaan yang sering diucapkan, tapi membuat bingung juga. Tanpa latar pengetahuan memadai soal biologi. Terus terang, pertanyaan ini hanya bisa dijawab : saya juga nggak tahu. Apa sih protein kasar itu ?

Yang jelas, tentu bukan protein yang kasar sifatnya, tentu juga bukan bentuknya atau permukaannya tidak halus.🙂 Nah, menurut apa yang saya tahu :

Protein kasar adalah protein yang dihasilkan dari analisis proksimat (entah apa itu, tapi itu analisis kimia yang dikerjakan para ahli di laboratorium). Protein untuk pakan biasanya mengandung 16% Nitrogen. Kemudian, melalui analisis proksimat itu, nitrogennya dipisahkan, juga unsur karbohidrat dan lipid (lemak dan minyak)nya. Nilai sisanya kemudian dikalikan dengan 6.25 (1/16%). Angka yang dihasilkan itu yang disebut sebagai Crude Protein atau Protein Kasar. Untuk ayam petelur dewasa, kebutuhan protein kasarnya sebesar 18-19% dan untuk puyuh petelur butuh 22%. Untuk ayam atau puyuh muda atau starter dan grower, karena masih balita, kebutuhannya lebih tinggi. Kalau tidak salah sampai 25% kebutuhan protein kasar-nya.

Dalam urusan pakan, tidak semua N (nitrogen) adalah protein. Karenanya dikenal NPN (Non Protein Nitrogen) yang bukan bahan pakan, misalnya pada urea, garam amonium, dan asam amino tunggal.

Teman dari Protein Kasar (Crude Protein) adalah Protein Sejati (True Protein). Yang sejati ini tersusun atas asam amino berantai panjang. Kalau begitu, asam amino itu apa?. Pusing deh…. ya asam amino itu senyawa organik yang penting untuk kelangsungan kehidupan. Pertumbuhan jaringan tubuh membutuhkan protein. Gitu aja ya.😦

Sumber Protein :

Berdasarkan sumbernya, dapat dibagi dua. Yang berasal dari hewan (protein hewani) dan dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati). Yang bersumber dari hewan, datang dari ikan, daging, ikan, telur, susu. Yang bersumber dari tumbuhan, dari biji-bijian, kentang, polong-polongan, dan tentunya masih banyak lagi.

Kata pakar-nya. Yang bersumber dari hewani, membuat ternak kita lebih cepat besar dibanding yang bersumber dari nabati. Tapi, yang dari nabat, lebih lambat besar, namun berumur lebih panjang dan lebih sehat.

Bagaimana kalau kelebihan protein?.

Ketika asupan protein dikonsumsi tinggi, terjadi peningkatan ekskresi urea yang menunjukkan oksidasi asam amino meningkat.  Tubuh tidak dapat menyimpan kelebihan asupan protein.  Protein dicerna menjadi senyawa organik yang masuk ke aliran darah. Kelebihannya akan diproses oleh hati menjadi molekul lain yang dikenal sebagai proses deaminasi. Deaminasi mengkonversi nitrogen dari asam amino menjadi amonia, yang diubah oleh hati menjadi urea dalam siklus urea. Banyak peneliti juga telah menemukan bahwa asupan protein yang berlebihan meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.  Itu kata pakar.  Boleh jadi, salah satu ciri unggas kelebihan asupan protein, kohe (kotoran hewan)-nya menjadi encer dan bercampur air.

Kohe lebih bau, karena tingkat kecernaan protein oleh unggas tidak sedikit yang tersisa, dan pada proses deaminasi, asam amino diubah jadi amonia.  Bau amonia yang menyengat.

Bagaimana kalau kekurangan protein?

Busung lapar?. Kalau ternak kita kekurangan protein, ya pastilah kurang gizi.  produktifitas akan berkurang , telur mengecil, nafsu turun dan berbagai penyakit bisa timbul.  Misalnya diare, gagal tumbuh, dan lain-lain.

 

This entry was published on July 3, 2013 at 6:24 pm. It’s filed under Ayam, Puyuh and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Urusan Pakan : Pak!, Apa sih Protein Kasar Itu?

  1. Pingback: Duh, Keproduktifan Puyuh Bertelur Jatuh Bebas ! | Limbah dan Ternak

  2. nah ini, mantap pembahasannya dari sudut biokimia maupun biologi secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: